Sisi Negatif Facebook

>> Rabu, 03 Februari 2010

Tentunya kita sudah tidak asing lagi mendengar kata “Facebook”. Mulai dari yang sudah dewasa, masih muda, bahkan yang masih sekolah dasar pun sudah mengenal apa itu Facebook. Kita mengenal situs sosial ini sebagai sarana untuk berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya. Chatting dengan teman, menyampaikan sesuatu pada teman, berkirim komentar, bermain game online, mencari teman di internet, bahkan mencari pekerjaan pun dapat dilakukan melalui Facebook. Keragaman fitur yang disediakan serta tampilan yang menarik membuat Facebook berhasil menggeser seniornya di dunia maya, yaitu Friendster.

Tidak sedikit dari Facebooker yang mengaku hal pertama yang dilakukan ketika berhadapan dengan internet yaitu membuka akun Facebooknya. Terkadang mereka juga online melalui HP (tentunya yang memiliki fasilitas internet). Mereka juga mengaku, hampir setiap waktu senggang yang ada digunakan untuk online Facebook. Ber-facebook-an sudah seperti kegiatan yang wajib dilakukan setiap kali ada kesempatan.

Facebook telah merajalela disemua lapisan masyarakat. Tidak hanya masyarakat kelas menengah keatas saja tetapi masyarakat kelas bawah pun tidak sedikit yang memiliki akun Facebook. Bahkan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama menggunakan Facebook untuk kampanye via internet. Obama adalah presiden pertama yang memanfaatkan Facebook untuk menarik simpati rakyat dalam pemilu. Kini tidak sedikit capres ataupun calon ketua daerah yang meniru Obama.

Facebook memang banyak memberikan kegunaan bagi semua orang di dunia maya. Tapi disisi lain ternyata facebook juga memiliki dampak negatif yang perlu kita hindari. Sisi negatifnya antara lain sebagai berikut:
  1. Biasanya pengguna Facebook enggan untuk beranjak dari PC, laptop, HP ataupun barang elekronik lain yang bisa digunakan untuk mengakses internet. Sehingga tanpa disadari banyak waktu yang terbuang sia-sia.
  2. Dapat menimbulkan pemborosan, terutama pada pengguna yang menggunakan HP untuk internetan. Ketika membuka Facebook lewat HP, secara otomatis pulsa yang ada akan berkurang dalam setiap detiknya. Ini pun berlaku bagi semua pengguna internet berbayar lainnya.
  3. Ber-facebook-an dapat membuat lalu lintas data yang melalui internet terhambat. Hal semacam ini dapat ditemukan di kantor-kantor yang banyak memanfaatkan internet. Jika banyak pegawai online Facebook ketika jam kerja, tentu akan membuat lalu lintas data menjadi "lola" (loading lama) dan mengganggu pekerjaan.
  4. Tidak lama ini ada suatu kejadian yang cukup tragis yang menimpa seorang istri ketika mengganti status di Facebooknya menjadi single. Melihat hal itu sang suami menjadi marah dan langsung menghabisi sang istri. Kejadian seperti ini telah terjadi 2 kali.
  5. Akhir-akhir ini televisi banyak memberitakan ABG yang diculik/dibawa kabur oleh pasangannya atau pun oleh orang lain. Ternyata, hilangnya ABG ini dilatarbelakangi adanya hubungan melalui Facebook.
  6. MUI (Majelis Ulama Indonesia) mencurigai adanya perjudian yang dilakukan dengan memanfaatkan permainan poker di Facebook. Hal ini tentunya sangat diharamkan baik oleh negara dan agama. Bahkan ada kabar yang memberitakan bahwa MUI telah melarang penggunaan Facebook (penulis sendiri belum mengetahui kebenaran kabar burung tersebut).

Itu hanya sebagian kecil sisi negatif Facebook yang perlu diketahui. Tidak semua yang baik akan sepenuhnya baik. Tapi kita dapat menghindarinya asalkan ada kemauan dan kesadaran diri. Ada sedikit tips untuk para pengguna Facebook agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  1. Jangan terlalu lama online Facebook. Banyak waktu terbuang sia-sia tanpa kita sadari. Selain itu, terlalu lama berhadapan dengan layar monitor dapat merusak mata akibat radiasi yang ditimbulkan.
  2. Berhati-hatilah dalam memilih teman di dunia maya. Di internet, kita tidak tahu siapa dan seperti apa orang yang ada dibalik layar. Kita hanya tahu dia dari data-datanya saja (itu pun kalau benar/valid).
  3. Gunakanlah waktu sebaik mungkin. Lebih baik pergunakan waktu senggang untuk hal-hal yang bermanfaat. Kalaupun ingin membuka akun Facebook, hanya sekedar untuk meng-update status dan melihat perkembangan/kegiatan teman anda saat itu.
  4. Berhati-hatilah menyimpan foto dan data berharga di Facebook. Semua orang dapat mengakses foto atau data tersebut. Tidak menutup kemungkinan ada saja orang yang menggunakannya untuk hal-hal yang tidak baik bahkan berbuat fitnah.
  5. Gunakanlah internet dengan wajar dan sesuai dengan fungsinya serta tidak menyimpang dari peraturan yang berlaku. Internet bagai sebuah kendaraan dan kita sebagai pengemudinya, kemana arah kendaraan itu melaju tergantung dari pengemudinya.

Sangat disayangkan sekali jika ternyata sebuah jejaring sosial yang memilki manfaat yang sangat berguna sekali sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi disalahgunakan hingga menimbulkan kriminalitas. Sebetulnya hal seperti itu tidak mesti terjadi (bahkan sampai terulang) asalkan kita bisa menggunakannya dengan wajar, tidak disalahgunakan, dan tidak menjadikannya untuk sesuatu hal yang dapat merugikan orang lain.

Ada baiknya kita mulai menjaga diri sendiri agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satunya kita harus/wajib tahu mana yang benar dan mana yang salah. Bukannya saya mau melarang sobat semua untuk ber-facebook-an, tapi hanya ingin mengingatkan saja. Bukankah dalam Islam kita dianjurkan untuk saling mengingatkan satu sama lain. Begitu pula dengan saya (penulis), sebagai pengguna Facebook saya harus lebih berhati-hati lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan ketik komentar, kritik ataupun saran anda pada kolom dibawah ini.

Perhatian!!!
Dilarang menyisipkan kata-kata yang mengandung unsur pornografi.

Terimakasih... (^_^)

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

Mengenai Saya

Foto saya
Serang, Banten, Indonesia
Hidup itu tidak sulit, tapi jangan dipersulit dengan hal-hal yang sebenarnya tidak begitu menyulitkan...

  © BangDeni

Back to TOP